KOFPLI PICKS GW16

Hallo para manajer FPL Indonesia.

Kembali lagi di KoFPLI picks untuk FPL gameweek 16 musim 2020/21. Sebelumnya, kami mengucapkan Selamat Natal 2020 bagi teman-teman semua yang merayakan. Semoga Indonesia bisa semakin baik di tahun 2021 yang segera datang.

Pada penyusunan tim FPL gameweek 16 ini, waktu merupakan kendala yang sangat besar, mengingat jarak antar deadline yang sangat pendek. Dalam menyiasati hal ini, kami memilih KoFPLI Picks gameweek 16 sebelum gameweek 15 dimulai, sehingga ketidakcocokan dan ketidakpastian squad sangat mungkin terjadi.

Tim dengan formasi 4-4-2 ini dibuat dengan total harga ±£83m, sangat cukup untuk diimplementasikan dengan dana yang ada di permainan FPL. Berikut adalah pemain-pemain pilihan kami serta pembahasannya. Semoga beruntung dan mendapatkan panah hijau di gameweek 16! *data diambil dari area keanggotaan fantasyfootballscout.


Nick Pope [BUR]

Di gameweek 16, Burnley akan menghadapi Sheffield yang hingga pekan ke-14 musim ini baru berhasil mencetak 8 gol. Sebagai pembanding, striker yang baru saja bersinar musim ini dari tim promosi Leeds United, Patrick Bamford, sudah seorang diri berhasil mencetak 9 gol. Alih-alih membaik, ‘underlying statistics’ penyerangan Sheffield justru memburuk. Setelah hanya melakukan rata-rata 9.5 percobaan tembakan di 10 pertandingan pertama liga Inggris, angka tersebut turun menjadi menjadi 6 percobaan saja di 4 pertandingan terakhir, terendah dibanding seluruh tim di Liga Inggris. Dengan pertahanan Burnley yang bernuansa solid, kami mengharapkan terjadinya peluang cleansheet untuk Nick Pope.


Andrew Robertson [LIV]

Tiga kali sudah musim ini saya menyusun KoFPLI picks musim ini, dan tiga kali juga Robertson selalu saya pilih untuk menjadi bek pertama di tim saya. Berperan layaknya pemain sayap, terdapat suatu statistik yang cukup mencengangkan, yaitu tidak ada pemain lain di semua posisi yang mendapatkan sentuhan bola di sepertiga daerah lawan lebih banyak dari Robertson (499) musim ini. Angka tersebut bahkan melebihi sentuhan pemain premium yang memang berposisi di depan seperti deBruyne (488), Salah (450), dan Bruno Fernandes (431). Lebih luar biasanya lagi, sentuhan Robertson bukan sentuhan yang berujung umpan sirkulatif, tapi sangat progresif dengan 116 percobaan umpan silang berujung 26 chances created, terbanyak di antara seluruh pemain bertahan yang terdaftar di FPL.

Eric Dier [TOT]

Melawan Fulham di gameweek 16, Mourinho tentu berharap Spurs kembali ke jalur kemenangan setelah gagal menang sejak gameweek 12 hingga gameweek 14. Kebetulan lawan yang dihadapi sangat berpotensi mewujudkan harapan tersebut, di mana Fulham antara gameweek 11 hingga gameweek 14 hanya mencatatkan 14 tembakan tepat sasaran ke gawang. Tercatat hanya 3 tim yang memiliki catatan lebih buruk dari Fulham untuk metrik yang sama di periode yang sama, yaitu WestBrom (9), Sheffield (10), dan Burnley (13). Ketidakstabilan lini serang Fulham, tumpulnya Mitrovic, dan banyak faktor non-teknis lainnya membuat kami memilih bek Spurs, Eric Dier, untuk mendapatkan cleansheet di gameweek 16.

Stuart Dallas [LEE]

Meskipun pertahanan Leeds terbilang sangat rapuh, namun kali ini Leeds akan melawan West Bromwich Albion, tim dengan jumlah ‘big chances’ terendah musim ini (6). Saking buruknya penyerangan WBA, tim dengan penyerangan seperti Burnley dan Sheffield saja bisa memiliki berturut-turut 14 dan 21 ‘big chances’ musim ini, berkali lipat dari tim promosi tersebut. Ditambah lagi, musim ini Dallas ditempatkan out of position (OOP) karena badai cedera yang silih berganti menerpa Leeds United. Posisi naturalnya di Championship sebagai bek kiri tidak sampai 5x dia mainkan, karena bergantiannya cedera Liam Cooper, Robin Koch, Diego Llorente, Pablo Hernandez, dan Adam Forshaw. Dengan peran barunya tersebut, Dallas berhasil mencetak 2 gol dalam 4 pertandingan terakhir. Harapan kami dengan dipilihnya Dallas pada pertandingan ini merupakan kombinasi dari peluang cleansheet juga attacking return.

Charlie Taylor [BUR]

Alasan dan lawan yang sama dengan Nick Pope. Lebih baik lagi, Charlie Taylor berbanderol £0.9M lebih murah dari rekan kipernya. Taylor juga seringkali menjadi bonus point magnet, dengan banyaknya jumlah umpan silang yang seringkali dikirimkan menuju penyerang-penyerang jangkung Burnley. Cleansheet Burnley untuk gameweek ke-16 ini sangat kami harapkan, sehingga Burnley menjadi satu-satunya tim yang kami investasikan dua aset bertahannya.


Mohamed Salah (C) [LIV]

Apa lagi yang perlu diragukan dari seorang Mo Salah. Jujur saja, setiap kali menulis ulasan mengenai Mo Salah, saya seringkali kehabisan ide. Hingga gameweek 14, Salah sudah mencetak 13 gol dan bertengger di puncak klasemen pencetak gol terbanyak. 5 dari 13 gol tersebut dia cetak di 4 gameweek terakhir. Sebaliknya, Newcastle masih meraba-raba dan mencari permainan terbaiknya setelah kejadian COVID outbreak di klubnya. Dua pertandingan terakhir Newcastle sebelum tulisan ini dibuat, Newcastle hanya bermain imbang 1-1 melawan 10 orang pemain Fulham, serta tumbang 1-0 di tangan Brentford pada ajang Carabao cup. Bersiap-siaplah kita melihat Salah kembali berpesta poin di gameweek 16 ini.

Bruno Miguel Borges Fernandes [MUN]

Satu-satunya pemain yang menurut saya bisa melampaui catatan poin FPL Mo Salah adalah Bruno Fernandes. Faktanya, sejak debutnya di putaran kedua Liga Inggris musim lalu, Bruno adalah top scorer poin FPL hingga saat ini. Hingga gameweek 14, tercatat hanya 3 gelandang FPL yang berhasil mencatatkan rataan gol atau assist lebih dari 1 per pertandingan, yaitu Salah, Bruno, dan Son (ketiganya kami masukkan ke KoFPLI Picks edisi kali ini). Melawan Wolves yang masih belum menemukan bentuk permainannya setelah melakukan beberapa percobaan formasi musim ini, ditambah dengan peluang penalti, assist, bola mati, hingga gol dari permainan terbuka, Bruno Fernandes kami pilih menjadi salah satu opsi gelandang KoFPLI Picks gameweek 16.

Heung-Min Son (VC) [TOT]

Sudah disebutkan di atas, hanya 3 pemain gelandang FPL yang berhasil mencatatkan rata-rata lebih dari 1 gol atau assist per pertandingan, dengan Son salah satunya. Di gameweek 16, pemain favorit KangCis mistargawang ini akan bertanding melawan Fulham, tim promosi yang hingga pekan ke 14 masih berkutat di zona degradasi dengan perolehan 10 poin dari 14 pertandingan. Dari sisi analisis strategi (pas-pasan dan abal-abalan ala saya), Son seringkali berhasil mencetak gol melawan tim yang memiliki bek kanan yang dituntut banyak melakukan overlap membantu penyerangan. Sisi tersebut dieksploitasi oleh taktik Mourinho dengan melakukan serangan balik cepat dari sisi kiri. Kebetulan, Fulham seringkali menempatkan Decordova Reid yang seyogyanya pemain menyerang di posisi tersebut, yang tentu bisa menjadi makanan empuk untuk Son andaikan Scott Parker memutuskan untuk tidak mengubah formasinya di pertandingan kali ini.

Raphael Dias Belloli [LEE]

Pilihan ‘seksi’ untuk KoFPLI Picks edisi kali ini jatuh pada Raphinha. Antara gameweek 11 hingga gameweek 14, Raphinha melakukan 14 kali percobaan tembakan, lebih banyak dari Sadio Mane (13), Rashford (13), Salah (12), dan Bruno Fernandes (10). Lebih berbahayanya, 11 dari 14 percobaan tersebut ditembakan dari dalam kotak penalti. Selain itu, 12 chanches creatednya, terbantu dengan peran barunya sebagai eksekutor bola mati, juga bersaing dengan jumlah chances created Bruno Fernandes (14), de Bruyne (14), dan Maddison (13). Dengan harga £5.4M saja dan melawan WestBrom, Raphinha merupakan pemain murah dan pembeda dengan potensi poin terbesar yang bisa kami rekomendasikan.


Harry Kane [TOT]

Pemain dengan jumlah total gol + assist terbanyak musim ini (19), melawan tim promosi yang berada di zona degradasi. Melengkapi aset penyerangan Spurs setelah Son Heung Min, kami memilih Harry Kane untuk dimasukkan ke dalam KoFPLI Picks gameweek 16. Hingga tulisan ini dibuat, hanya Mo Salah dan Son Heung Min (yang juga direkomendasikan dalam tulisan ini) yang memiliki poin FPL lebih besar dari Harry Kane. Tidak banyak yang bisa kami jelaskan lagi di sini, selain harapan kami untuk Harry Kane agar kembali menemukan performanya mencetak gol melawan Fulham.

Patrick Bamford [LEE]

Melengkapi trio Leeds United di KoFPLI Picks kali ini adalah top goalscorer Leeds United, yaitu Patrick Bamford. Kenaikan harga FPL terbesar musim ini (dari £5.5M hingga saat ini £6.4M) menunjukkan banyaknya manajer yang tergiur dengan performanya. Banyak yang mengkhawatirkan ‘goal conversion rate’ seorang Bamford, namun sejauh ini dia hanya tertinggal 5 gol dari jumlah catatan golnya di Championship musim lalu. Nyatanya, dengan jumlah tembakan dari dalam kotak penalti di antara para penyerang FPL terbanyak musim ini (47) hingga gameweek 14, Bamford juga mencatatkan tembakan tepat sasaran terbanyak (24), sama dengan Dominic Calvert-Lewin. Menyerang WestBrom dengan skema Bielsa-ball, tidak muluk-muluk jika kami mengharapkan attacking return dari seorang Patrick Bamford.

Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *