Chip Terbaik untuk DGW26

Akhir pekan ini, para manajer FPL akan dihadapkan dengan Double Gameweek (DGW) terbesar musim ini, berlangsung dari Sabtu 27 Februari 2021 sampai dengan Jumat 5 Maret 2021 dini hari, dengan 7 fixture tambahan (total 17 pertandingan).

Tim mana saja yang bermain 2 kali di DGW kali ini?
Berikut daftarnya, diurutkan berdasarkan total Fixture Difficulty Rating termudah versi Official FPL:

  1. Tottenham Hotspurs (Total FDR = 4)
  2. Aston Villa (Total FDR = 5)
  3. Leicester City (Total FDR = 5)
  4. West Bromwich Albion (Total FDR = 5)
  5. Everton (Total FDR = 5)
  6. Liverpool (Total FDR = 6)
  7. Manchester City (Total FDR = 6)
  8. Crystal Palace (Total FDR = 6)
  9. Fulham (Total FDR = 7)
  10. Manchester United (Total FDR = 7)
  11. Sheffield United (Total FDR = 7)
  12. Burnley (Total FDR = 8)
  13. Wolverhampton Wanderers (Total FDR = 8)
  14. Chelsea (Total FDR = 9)
credit: twitter.com/bencrellin

Lalu, bagaimana cara kita memaksimalkan poin di DGW26 (dan GW selanjutnya)?
Chip mana yang sebaiknya digunakan?

Bench Boost DGW26

Sebagian manajer sudah merencanakan penggunaan chip Bench Boost (BB) untuk DGW26 dengan cara menggunakan Wildcard (WC) di GW25 untuk mengambil pemain yang berasal dari tim yang bermain 2x di DGW26.

Untuk manajer yang tidak menggunakan WC di GW25, tetap bisa memaksimalkan DGW26, dengan beberapa point hits (minus). Asumsikan, seluruh pemain di bench (4 pemain) bermain minimal 60 menit di 2 pertandingan, artinya kalian akan mendapatkan minimal 4 x 2 x 2 = 16 poin hanya dari bench jika mengaktifkan BB. Maka point hits sampai dengan -16 dirasa masih masuk akal untuk digunakan, walaupun tidak terlalu direkomendasikan.

Berikut beberapa nama beberapa pemain murah di tiap posisi untuk melengkapi tim kalian jika menggunakan chip BB:

  • Goalkeeper (Johnstone-WBA-£4.5m, Areola-FUL-£4.5m)
  • Defender (Holgate-EVE-£4.8m, Davies-TOT-£4.6m, El Mohamady-AVL-£4.3m, Tete-FUL-£4.3m, Jagielka-SHU-£3.9m, Bogle/Ampadu-SHU-£4.3m)
  • Midfielder (Dendoncker-WOL-£4.6m, Jorginho-CHE-£4.7m, Reed-FUL-£4.4m, Jones-LIV-£4.4m, Yokuslu-WBA-£4.5m, Riedewald-CRY-£4.5m, Norwood-SHU-£4.5m)
  • Forward (Maja-FUL-£5.5m, McGoldrick-SHU-£5.2m)

Kelebihan dari penggunaan chip BB di DGW26 adalah adanya potensi poin maksimal dari 15 pemain yang bermain 2 pertandingan di dalam 1 gameweek.
Berikut adalah contoh draft tim yang cocok untuk dikawinkan dengan chip BB (asumsi budget ±£100m):

GK: Martinez (AVL) – Johnstone (WBA)
D: Stones (MCI) – Shaw (MUN) – Holgate (EVE) – Jagielka (SHU) – El Mohamady (AVL)
M: Fernandes (MUN) – Salah (LIV) – Son (TOT) – Gundogan (MCI) – Reed (FUL)
F: Watkins (AVL) – DCL (Everton) – Kane (TOT)

Kekurangan dari penggunaan chip BB di DGW26 adalah hilangnya peluang untuk memanfaatkan momentum penggunaan chip TC kepada beberapa nama premium yang berpotensi meledak di DGW26 dengan jadwal yang relatif mudah, misalnya Kane, Fernandes dll.

Alternatif lain penggunaan chip BB bisa digunakan di gameweek lain ketika pemain di bench dirasa memiliki jadwal yang cukup mudah dan berpotensi mendapatkan poin tinggi.

Triple Captain DGW26

Penggunaan chip Triple Captain (TC) di DGW26 akan sangat baik jika dipakaikan ke pemain yang tepat.
Beberapa nama potensial untuk mengemban amanah Triple Captain di DGW26 di antaranya:

  • Mo Salah / Sadio Mane vs (SHU (A) + CHE (H))
  • Jamie Vardy vs (ARS (H) + BUR (A))
  • Bruno Fernandes vs (CHE (A) + CRY (A))
  • Harry Kane / Heung Min Son vs (BUR (H) + FUL (A))
  • Raheem Sterling / Kevin De Bruyne vs (WHU (H) + WOL (H))

Tidak menutup kemungkinan, jika ada pemain lain di luar list ini yang memiliki poin lebih besar dan layak diberi chip TC.

Kelebihan dari penggunaan chip TC di DGW26 adalah kesempatan memaksimalkan poin TC dengan momentum double fixture yang potensial bagi beberapa tim papan atas, yang mungkin tidak akan terulang di gameweek lainnya.

Kekurangan dari penggunaan chip TC di DGW26 adalah kehilangan potensi penggunaan chip BB di DGW terbesar musim ini. Sehingga penggunaan chip BB di gameweek lainnya dirasa tidak seefektif di DGW26.

Alternatif lain penggunaan chip TC dapat digunakan di beberapa mini DGW seperti DGW27 (MCI vs ), DGW32 (TOT vs ), atau bahkan di single Gameweek bisa merupakan keputusan yang tepat jika TC jatuh di pemain yang tepat.

Wildcard DGW26

Penggunaan Wildcard (WC) di DGW26 bisa menjadi opsi bagi para manager untuk menavigasi hadirnya perubahan jadwal EPL musim ini.
Kita dapat merombak keseluruhan tim sesuai dengan info DGW/BGW untuk beberapa pekan ke depan.

Kelebihan dari penggunaan chip WC di DGW26 adalah kesempatan untuk memaksimalkan DGW26, DGW27, dan BGW29 (dibarengi dengan pemanfaatan jatah 3 Free Transfer untuk membeli pemain yang bermain di BGW29).
Berikut adalah contoh draft nya (asumsi budget ±£100m):
GK: Martinez (AVL) – Areola (FUL)
D: Cancelo (MCI) – Dier (TOT) – Targett (AVL) – Aina (FUL) – Bednarek (SOU)
M: Son (TOT) – KDB (MCI) – Gundogan (MCI) – Ward-Prowse (SOU) – Lookman (FUL)
F: Kane (TOT) – Watkins (AVL) – Ings (SOU)

Kekurangan dari penggunaan chip WC di DGW26 adalah hilangnya kesempatan untuk menggunakan chip TC dan BB di DGW26 yang sangat potensial untuk kedua chip tersebut.

Alternatif lain penggunaan chip WC dapat digunakan setelah international break di GW30, untuk menyeimbangkan tim setelah dimaksimalkan untuk mengambil pemain yang bermain di BGW29.

Free Hit DGW26

Kelebihan dari penggunaan chip FH di DGW26 adalah kesempatan untuk memaksimalkan budget untuk starting 11 di DGW26 dengan memilih bench semurah-murahnya.

Kekurangan dari penggunaan chip WC di DGW26 adalah hilangnya kesempatan untuk menggunakan chip TC dan BB di DGW26 yang sangat potensial untuk kedua chip tersebut. Terlebih lagi, kehilangan opsi escape plan untuk BGW29 yang dapat dinavigasi dengan mudah dengan chip TC.

Alternatif lain penggunaan chip FH dapat digunakan di BGW29 yang hanya terdiri dari 4 pertandingan, sehingga tidak menggangu rencana pemilihan pemain di GW28 dan GW30.


Akhir kata, chip apapun yang digunakan di DGW26, bisa disesuaikan dengan kondisi tim masing-masing, dengan memperhatingan kelebihan dan kekurangan dari penggunaan chip di DGW26 ini.

Semoga decision apapun yang diambil, bukan hanya karena ikut-ikutan, tetapi karena betul-betul paham risiko dan manfaat apa yang akan didapat untuk tim kita.

Salam panah hijau!

Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *